Kamis, 30 Maret 2017

Teknik Pembuatan Animasi pada Film Pasific Rim




Perkembangan di dunia animasi perfilman saat ini benar benar berkembang dengan pesat seiring berjalan nya waktu dengan menggunakan teknologi informasi yang ada. Animasi menjadi lebih menuntut dan dikonsumsi oleh tidak hanya anak-anak, tetapi bisa dinikmati oleh semua kalangan. Industri perfilman tampaknya sudah mulai menunjukkan kemajuan, ditandai dengan semakin banyak perusahaan melihat peluang ini, dan bersaing dalam memproduksi animasi untuk mengisi kebutuhan pasar dalam dan luar.

Film-film Hollywood banyak menggunakan visual effect canggih yang membuat film mereka lebih hidup. Studio Industrial Light & Magic adalah perusahaan membuat animasi yang berlokasi di San Francisco, Singapur dan Vancouver. Mereka membuat spesial efek film Pasific Rim. Film ini menyuguhkan banyak animasi-animasi robnotik, lengkap perkelahian antar robot-robot raksasa dalam durasi yang cukup panjang. Mengunakan tempelan animasi dan disain 3D robot dalam proses pembuatan film.
Seperti kelompok orang berjalan sebenarnya tidak dillakuakn di studio, tapi dari proses computer. Demikian juga gerakan robot adalah proses animasi seperti film futuristik lainnya. Bagaimana proses kedatangan monster dari laut yang masuk menyerang ke daratan. Juga dibuat dengan teknik animasi.

Berikut ini merupakan pembuatan sekelompok orang berjalan menggunakan proses CGI :



Pacific Rim adalah film yang mengisahkan tentang pertarungan robot yang disebut Jaegers dengan monster yang disebut Kaijuu. Jaegers adalah sejumlah Robot Dengan ukuran tinggi-besar setara gedung puluhan tingkat buatan manusia yang di setting untuk mengalahkan monster yang bernama Kaiju. Kaiju merupakan Monster raksasa yang bangkit dari dalam lautan (dasar Samudera Pasifik). Model jaeger yang dibahas adalah jaeger yang memiliki nama gipsy danger.

Dalam membuat model dari jaeger ini, ada beberapa tahap yang harus dilakukan dalam pembuatannya. mulai dari membuat rangka atau sculpt nya, lalu rigging/memasukkan tulang-tulang/sendi-sendi agar model dapat bergerak layaknya gambar 3D yang hidup sampai pada tahap akhir yaitu rendering. berikut akan saya jelaskan secara singkat tahap-tahapnya:

1.      Membuat model/sculpt

untuk membuat sculpt ini membutuhkan software pengolah 3d seperti 3dsmax,blender,dsb. biasanya dalam membuat model 3d seperti ini, si pembuat biasanya membuat dahulu contoh gambarnya atau gambar versi 2D dari model yang ingin dibuat. Ini untuk memudahkan dalam pembuatan model 3d serta untuk mengurangi kesalahan serta menambah efek detail dari objek 3D yang akan dibuat.

2.      Rigging

Rigging adalah pemberian struktur tulang pada objek 3 dimensi agar ke depannya objek 3 dimensi tersebut dapat digerakkan melalui tulang tersebut. Tanpa rigging objek 3D yang dibuat tidak akan bisa digerakkan dan hanya akan menjadi gambar diam seperti patung/sculpt. Dalam tahap rigging, semakin banyak titik yang dibuat dalam rigging semakin detail pergerakkan si model 3D tersebut dalam animasi nya nanti.

3.      Texturing


Texturing adalah proses pembuatan dan pemberian warna dan material (texture) pada objek yang telah dimodelkan sebelumnya sehingga akan tampak suatu kesan yang nyata. Pemberian material atau texture pada objek 3D akan mendefinisikan rupa dan jenis bahan dari objek 3D. Material atau texture dapat berupa foto atau gambar yang dibuat dengan aplikasi software 3D, seperti 3ds max, Maya, dan lain-lain, atau dengan bantuan software digital imaging, seperti photoshop, photoPaint, atau Gimp.

4.      Rendering

Rendering adalah proses akhir dari keseluruhan proses pemodelan ataupun animasi komputer. Dalam rendering, semua data-data yang sudah dimasukkan dalam proses modeling, animasi, texturing, pencahayaan dengan parameter tertentu akan diterjemahkan dalam sebuah bentuk output (tampilan akhir pada model dan animasi).
5.      Animation

Animation adalah proses pembuatan animasi untuk model. Animasi dapat berupa gerakan, baik itu gerakan objek/model atau gerakan kamera untuk menciptakan animasi walktought, animasi flythrough, dan lain-lain. Anda dapat menentukan arah dimulainya suatu gerakan animasi yang, tentu saja disesuaikan dengan storyboard yang telah dibuat pada tahap pre production.


Untuk lebih jelasnya tentang pembuatan animasi dalam film pacific rim, kalian dapat melihat behind the scene dari video ini.


Berikut video dibalik layar pembuatan film pasific rim:







Sumber:


0 komentar:

Posting Komentar

 

Maghfira Maulani Template by Ipietoon Cute Blog Design