Jumat, 01 April 2016

MANAJEMEN LAYANAN SISTEM INFORMASI






PENGERTIAN MANAJEMEN LAYANAN SISTEM INFORMASI

Manajemen Layanan Sistem Informasi adalah suatu sistem perencanaan bagian dari pengelolaan sistem informasi (SI) yang secara filosofinya berpusat pada pandangan konsumen penyedia lyanan untuk memberikan dan mengelola layanan SI terhadap bisnis suatu perusahaan.


Manajemen Layanan Sistem Informasi dapat berfokus pada proses yang terkait dan memiliki minat yang sama dengan kerangka kerja dan metodologi gerakan perbaikan proses. Sejauh ini, manajaemen layanan sistem informasi tidak memperedulikan detail penggunaan produk suatu pemasok tertentu atau detail teknis suatu sistem yang dikelola, melainkan berfokus pada upaya penyediaan kerangka kerja untuk menstrukturkan aktivitas yang terkait dengan sistem informasi dan interaksi antara personel teknis TI dengan pengguna teknologi informasi.

Manajemen Layanan Sistem Informasi umumnya menangani masalah operasional manajemen sistem informasi dan bukan pada pengembangan teknologinya sendiri. Banyak pula perusahaan non-teknologi, seperti pada industri keuangan, ritel, dan pariwisata, yang memiliki sistem TI yang berperan penting, walaupun tidak terpapar langsung kepada konsumennya.
Jadi, dapat disimpulkan bahwa manajemen layanan sistem informasi bukan merupakan suatu cara langsung yang berhubungan dengan pasar untuk menjual suatu produk, tetapi lebih ke arah internal perusahaan yaitu menjaga kestabilan dan mengelola bagaimana agar layanan sistem informasi dalam perusahaan tersebut dapat memuaskan pelayanannya.


MANFAAT MANAJEMEN LAYANAN SISTEM INFORMASI

1.      Memperbesar kemampuan yang diambil oleh keputusan untuk memproses informasi dan pengetahuan.
2.      Memperbesar kemampuan pengambilan keputusan dalam menangani suatu permasalahan-pemasalahan yang biasanya kompleks, berskala besar, dan menggunakan banyak waktu.
3.      Memberikan dukungan dalam pengumpulan berbagai informasi atau perancangan rangkaian alternatif tindakan, memutuskan untuk memilih tindakan yang terbaik dari pilihan alternatif yang tersedia dan melaksanakan pilihan dan mengawasi hasil kegiatan.
4.      Menjaga produksi dalam aplikasi pengembangan sistem informasi.
5.      Dari segi efektif dan efisiensinya, manajemen layanan sistem informasi sangat membantu dalam menjaga kepuasan pelayanan perusahaan terhadap konsumen, serta waktu yang dibutuhkan dalam prosesnya juga lebih cepat karena adanya manajemen layanan sistem informasi dalam setiap sub sistem bisa dikendalikan dan dipantau kinerjanya.


PERANAN MANAJEMEN LAYANAN SISTEM INFORMASI
Peranan Manajemen Layanan Sistem Informasi terhadap lingkungan sekitarnya cukup besar karena tugasnya adalah membangun suatu struktur pelayanan sistem informasi, mengelola pelayanan yang disediakan oleh sistem informasi, serta menjaga pelayanan sistem informasi agar dapat memuaskan.
Selain itu dapat mendukung Pengambilan Keputusan Managerial. Dalam Sistem informasi dapat mengkombinasikan informasi agar membantu manager menjalankan - menjalankan proses bisnis dengan lebih baik, informasi  yang didapat membantu para manajer mengidentifikasikan kecenderungan dan untuk mengevaluasi diperoleh dari suatu keputusan. Sistem Informasi dapat membantu paramanajer untuk membuat keputusan yang lebih baik, lebih cepat, dan  akan lebih bermakna.
Pengambilan keputusan untuk pengembangan produk dan ekspansi strategi perusahaan maka akan dapat mengembangkan produk yang dapat bersaing di pasar global dan terbentuk kelompok kerja yang luas dan membentuk sistem delivery secara luas.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Maghfira Maulani Template by Ipietoon Cute Blog Design