PENGERTIAN
MANAJEMEN LAYANAN SISTEM INFORMASI
Manajemen
Layanan Sistem Informasi adalah suatu sistem perencanaan bagian dari
pengelolaan sistem informasi (SI) yang secara filosofinya berpusat pada
pandangan konsumen penyedia lyanan untuk memberikan dan mengelola layanan SI
terhadap bisnis suatu perusahaan.
Manajemen
Layanan Sistem Informasi dapat berfokus pada proses yang terkait dan memiliki
minat yang sama dengan kerangka kerja dan metodologi gerakan perbaikan proses. Sejauh ini, manajaemen layanan sistem informasi tidak memperedulikan detail penggunaan
produk suatu pemasok tertentu atau detail teknis suatu sistem yang dikelola,
melainkan berfokus pada upaya penyediaan kerangka kerja untuk menstrukturkan
aktivitas yang terkait dengan sistem informasi dan interaksi antara personel
teknis TI dengan pengguna teknologi informasi.
Manajemen
Layanan Sistem Informasi umumnya menangani masalah operasional manajemen sistem
informasi dan bukan pada pengembangan teknologinya sendiri. Banyak pula
perusahaan non-teknologi, seperti pada industri keuangan, ritel, dan pariwisata,
yang memiliki sistem TI yang berperan penting, walaupun tidak terpapar langsung
kepada konsumennya.
Jadi, dapat
disimpulkan bahwa manajemen layanan sistem informasi bukan merupakan suatu cara
langsung yang berhubungan dengan pasar untuk menjual suatu produk, tetapi lebih
ke arah internal perusahaan yaitu menjaga kestabilan dan mengelola bagaimana
agar layanan sistem informasi dalam perusahaan tersebut dapat memuaskan
pelayanannya.
MANFAAT
MANAJEMEN LAYANAN SISTEM INFORMASI
1. Memperbesar kemampuan yang diambil
oleh keputusan untuk memproses informasi dan pengetahuan.
2. Memperbesar kemampuan pengambilan
keputusan dalam menangani suatu permasalahan-pemasalahan yang biasanya
kompleks, berskala besar, dan menggunakan banyak waktu.
3. Memberikan dukungan dalam pengumpulan
berbagai informasi atau perancangan rangkaian alternatif tindakan, memutuskan
untuk memilih tindakan yang terbaik dari pilihan alternatif yang tersedia dan
melaksanakan pilihan dan mengawasi hasil kegiatan.
4. Menjaga produksi dalam aplikasi
pengembangan sistem informasi.
5. Dari segi efektif dan efisiensinya, manajemen
layanan sistem informasi sangat membantu dalam menjaga kepuasan pelayanan
perusahaan terhadap konsumen, serta waktu yang dibutuhkan dalam prosesnya juga
lebih cepat karena adanya manajemen layanan sistem informasi dalam setiap sub
sistem bisa dikendalikan dan dipantau kinerjanya.
PERANAN
MANAJEMEN LAYANAN SISTEM INFORMASI
Peranan Manajemen
Layanan Sistem Informasi terhadap lingkungan sekitarnya cukup besar karena
tugasnya adalah membangun suatu struktur pelayanan sistem informasi, mengelola
pelayanan yang disediakan oleh sistem informasi, serta menjaga pelayanan sistem
informasi agar dapat memuaskan.
Selain itu
dapat mendukung Pengambilan Keputusan Managerial. Dalam Sistem informasi dapat
mengkombinasikan informasi agar membantu manager menjalankan - menjalankan
proses bisnis dengan lebih baik, informasi
yang didapat membantu para manajer mengidentifikasikan kecenderungan dan
untuk mengevaluasi diperoleh dari suatu keputusan. Sistem Informasi dapat
membantu paramanajer untuk membuat keputusan yang lebih baik, lebih cepat,
dan akan lebih bermakna.
Pengambilan
keputusan untuk pengembangan produk dan ekspansi strategi perusahaan maka akan dapat
mengembangkan produk yang dapat bersaing di pasar global dan terbentuk kelompok
kerja yang luas dan membentuk sistem delivery secara luas.
0 komentar:
Posting Komentar